3 Buah Berkhasiat ini Efektif Turunkan Demam Anak, Sudahkah Bunda Mencobanya?

3 Buah Berkhasiat ini Efektif Turunkan Demam Anak, Sudahkah Bunda Mencobanya?

Selain memberikan obat, gunakan 3 buah berkhasiat ini agar demam si kecil segera teratasi!

(Sumber: Pixabay.com)
Selain sebagai cemilan sehat yang mudah dicerna, buah juga kaya akan serat  dan vitamin  yang berperan dalam proses penyembuhan penyakit. Hal ini karena buah berkhasiat meningkatkan sistem imun  yang melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit sekaligus meminimalisir gejalanya secara bertahap. Salah satunya dalam menurunkan demam anak, buah apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut!

1. Semangka

Buah berkhasiat yang satu ini sering kita jumpai di pasar tradisional, selain karena manis dan menyegarkan, warnanya pun terlihat menarik. Tak heran jika banyak orang menyukainya, termasuk anak - anak sehingga akan lebih mudah bagi Bunda untuk memberikannya pada mereka. Tingginya kadar air dalam semangka dapat menjaga si kecil tetap terhidrasi selama demam sehingga mampu mempercepat proses metabolisme energi tubuh. Hal inilah yang membuat semangka mampu membantu proses penurunan suhu tubuh secara signifikan pada saat  si kecil tengah mengalami demam. Selain mengandung banyak air, buah ini juga kaya akan vitamin B6, kalium dan karbohidrat sebagai sumber energi, mineral, dan vitamin.   Ketiga sumber ini nantinya akan berperan aktif dalam membantu mempercepat proses penyembuhan demam sehingga Bunda pun bisa menjadikannya alternatif pilihan. Bunda dapat memberikannya dalam bentuk potongan buah secara langsung maupun menjadikannya jus atau salad, agar si kecil tidak merasa bosan. 

2. Apel

Buah berkhasiat selanjutnya adalah apel, kandungannya yang kaya akan flavonoid ini terbukti meningkatkan daya tahan tubuh dan efektif menurunkan demam. Kadar antioksidan dalam apel bahkan diketahui setara dengan 1.500 mg vitamin C yang sangat berperan dalam membantu proses detoksifikasi tubuh. Kandungan nutrisi apel pun terbilang lengkap, diantaranya vitamin A, vitamin B compleks, vitamin C fitonutrien, serat dan kaya akan mineral. Apalagi buah yang satu ini cukup terkenal di kalangan masyarakat sehingga Bunda dapat dengan mudah menemukannya dalam berbagai macam kondisi. Selain itu apel juga termasuk buah yang memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga mampu mencegah si kecil dari dehidrasi. Hal ini menjadikannya sebagai pilihan alternatif yang efektif dalam mengatasi demam berkepanjangan, tidak hanya pada anak tapi juga orang dewasa. Bunda dapat memberikan jus apel setiap kali anak demam atau jika mengalami muntah, jus ini dapat diberikan setelah dua jam.

3. Jeruk

Tumbuh banyak di wilayah tropis, membuat buah ini banyak dijumpai di berbagai daerah dengan berbagai macam jenis termasuk di Indonesia. Tidak hanya itu, rupanya berapa penelitian pun membuktikan bahwa semua jenis jeruk direkomendasikan untuk  digunakan sebagai penurun demam pada anak. Hal ini karena jeruk mengandung vitamin C yang tinggi dibandingkan buah lainnya, yakni memenuhi hampir 72% kebutuhan vitamin C harian. Inilah yang menjadikannya mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah penyakit lainnya datang menyerang, terutama saat anak tengah mengalami demam. Selain itu, jeruk juga banyak mengandung flavonoid penting, seperti citacridone dan citbrasine yang dapat membantu proses penyembuhan demam pada anak. Bahkan jeruk juga banyak mengandung karbohidrat dan kalori sehingga mampu mencukupi asupan nutrisi dan mengatasi rasa lemas selama anak demam. Untuk menurunkan demam, Bunda dapat memberikannya secara langsung atau membuatkan infuse water sebagai minuman saat anak sakit agar lebih bervariasi.

Itulah beberapa buah berkhasiat untuk menurunkan demam. Namun, jika demam tak kunjung membaik, segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Komentar

  1. Berarto selama ini aku justru salah ya, Mbak. Tiap kali anak demam malah selalu kularang makan semangka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tentu juga mbak,, tergantung kondisi dari demam itu sendiri. Misalnya saja demam yg disertai gangguan pencernaan sperti lambung atau usus biasanya kurang dianjurkan utk konsumsi buah semangka krna khawatir tdk akn terserap dgn baik

      Hapus
  2. Wahh saya baru tahu kalau semangka dan jeruk bisa menurunkan demam. Selama ini saya kalau demam memang makan buah, tapi makan buahnya asal-asalan, di pikiran saya yg penting makan buah aja. Ternyata ada buah yg menyembuhkan lebih cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya hampir semua buah - buahan yg kaya vitamin C bagus utk demam Bund. Hanya untuk demam tinggi lbuh diutamakan yang banyak mengandung air dan kaya antioksidan guna mencegah dehidrasi dan meningkatkan imunitas tubuh

      Alhamdulillah semoga bermanfaat y Bunda😊

      Hapus
  3. Syiaaappp!
    Semoga anak2 kita senantiasa sehat wal afiat yaaa
    Makan dan minum bergizi, termasuk buah2an ini yaaa

    BalasHapus
  4. terima kasih atas infonya kebetulan keluarga kami doyan ketiga buah itu. Apalagi jeruk, jeruk manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjutkan mbak,,, buah-buahan itu bnyak manfaat lho,,, terlebih buah-buahan lokal

      Hapus
  5. Sejak mpasi, anak anak saya cekoki jeruk
    Gampang sih, tinggal peras kemudian minumkan
    Sayang sering susah dapat jeruk manis

    BalasHapus
  6. Baru tahu saya, biasanya saya kasih jeruk sih, dan anak bisa makan jeruk pas demam, terlebih kalau manis.

    Kalau semangka favorit anak-anak juga, noted deh kalau anak demam mending beliin semangka, lebih banyak kandungan airnya juga ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sayangnya ank sya justru kurang begitu menyukai semangka 😅

      Hapus
  7. Kalau jeruk saya selalu kasi ke anak apalagi kalau pas mau flu, ternyata buat demam juga bisa yah, thanks ya sharingnya.

    BalasHapus
  8. Masya Allah apel ini manfaatnya banyak juga. Demam pada anak pun bisa diantisipasi. Daku baru tahu ini, bisa jadi masukan buatku kalau demam dan infokan juga ah ke kakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom,, sya pun bru tahu saat minggu2 kmarin. Kebetulan ank demam dn jeruk agk sulit ditemukan saat itu. Umi menyarankan utk konsumsi apel. Dan Alhamdulillah demamnya teratasi. Stelah di search lagi rupanya banyak mamfaat dri apel ini ternyata,,,,

      Akhirnya coba dishare sja. Semoga bermanfaat

      Hapus
  9. Wah baru tahu aku mbak...
    Kebetulan ini buah buahan yg disukai anak anak..
    Makasih tipsnya ya mbak

    BalasHapus
  10. Ya....3 buah tropis ini kok malah anakku ga ada yang suka ya....
    Aku beneran baru tahu, Mbak.
    Sleama ini kalau anak demam cuma tak suruh minum air yang banyak bair cepet turun.

    BalasHapus
  11. Ketiga nya seger2 😍 kalau jeruk tuh ampuh untuk mencegah flu..
    Pasti anak2 suka nih sama buah2an ini.. 😊

    BalasHapus
  12. Selama ini masyarakat sering salah kaprah ya mbak, kalo demam mslah dilarang makan buah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sya bru tahu ad mitos sperti ini. Padahal buah buahan sngat bermanfaat utk mnjaga daya tahan tubuh. Apalagi saat sedang dalam keadaan sakit.

      Namun, khusus utk beberapa gangguan pencernaan sperti rdang usus atw gastroenteritis memang tdk dianjurkan utk mengkonsumsi buah. Krna nantinya akn memperberat kinerjanya.Jdi untuk kadar dan cara pemberiannya memang perlu diperhatikan untuk ini.

      Hapus
  13. Kalau jeruk memang biasa kuberikan saat anak-anak daya tahan tubuhnya menurun. Apel bisalah tapi jeruk lebih dominan. Nah, kalau semangka nih yang aku baru tahu. Soalnya dulu yang banget yang bilang kalau semangka itu malah merangsang datangnya batuk. Kelihatannya memang segar, berair banyak, sih. Tapi karena banyak informasi seperti itu, semangka justru kucoret gede-gede dari daftar belanja buah kalau anak-anak sakit.

    Jadi ada wawasan baru, nih. Makasih, yaaa ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mencegah dehidrasi memang dianjurkan Bunda, asalkan konsumsi secukupnya saja. Kalau berlebihan memang jadinya memicu batuk y

      Yg namanya berlebihan kan memang kurang baik y Bund😁

      Hapus
  14. Aku biasanya memberi jeruk mbak karena memang kandungannya yang kaya akan vit C jadi bisa meningkatkan sistem imun juga. Tapi kalau apel dan semangka gak pernah, baru tahu dari artikel ini.

    BalasHapus
  15. Kalau jeruk hampir selalu ada di rumah, karena asupan vit C saya ambil dari sini. Apel juga sering beli. Kalau semangka baru tahu saya jika bermanfaat juga menurunkan deman. Makasih infonya

    BalasHapus
  16. Infonya sangat penting Mbak
    Saya baru tau ini. Selama ini kalo nak demam ya cemas bawaannya dan dokter.

    BalasHapus
  17. Belum pernah coba sih. Selama ini kalau anak demam yaa dikasih obat penurun demam sama seringsering minum air putih.

    Tapi thanks infonya ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sya pun demikian Bunda. Hanya klw sekiranya demamnya maasih termasuk ringan sebaiknya tdk langsung terburu2 berlari ke obat kimia. Krna terlalu banyak antibiotik dn parasetamol pun kurang baik untuk anak. Bila sekiranya demam masih hangat biasa juga tdk ada tanda dehidrasi dn perubahan nafsu makn. Ini msh bisa d beri pertolongan dgn cara alami.

      Semoga bermanfaat🙏

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi Blog Noer_Story, semoga apa yang tersaji bermanfaat dan menghibur😊
By the way, jangan sungkan untuk torehkan kritik dan saran y,,, see you,, 👋